Perbedaan antara diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2

Perbedaan antara diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2 pada umumnya terletak pada kondisi tubuh. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada orang yang memiliki tubuh kurus. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi pada orang yang memiliki tubuh gemuk. Gejala yang ditimbulkan juga hampir sama dimulai dari mudah merasakan lelah dan mudah haus yang berlebihan serta juga dapatmengalami kencing yang terus-menerus.

Diabetes melitus tipe 1

Diabetes melitus tipe 1

Baca juga artikel lain di : http://boite-aux-curiosites.com/

Jika pada diabetes tipe 1 ini tubuh mengalami ketidakmampuan menghasilkan insulin, pada tipe 2 tubuh akan merasakan rasa sensitif terhadap hormon insulin. Hormon insulin tersebut berfungsi membantu sel pada tubuh mengambil gula lalu mengubahnya menjadi energi. Diabetes tipe 1 maupun tipe 2 apabila tidak ditangani dengan benar, akan mengalami komplikasi. Perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2 antara lain:

Dari segi usia

Diabetes melitus tipe 1 ini sering menyerang pada anak di bawah umur dan juga pada kalangan remaja yang berusia kurang dari 40 tahun. Sedangakan diabetes melitus tipe 2 banyak kita jumpai pada usia yang lebih dari 40 tahun. Namun, usia-usia ini tidak akan pasti selalu menjadi patokan. Terkadang orang-orang yang telah lanjut usia atauyang sering disebut lansia juga dapat menderita penyakit diabetes. Bahkan penyakit ini sampai seumur hidup.

Dari segi gejala

Gejala yang ditimbulkan penyakit diabetes ini biasanya memiliki gejala yang hampir sama. Penderita diabetes tipe 1 terjadi pada orang yang bertubuh kurus dan akan mengalami penurunan berat badan. Sedangkan penderita diabetes tipe 2 terjadi pada orang yang bertubuh gemuk dan mereka akan mengalami kelebihan berat badan atau yang sering disebut sebagai obesitas. Gejala yang muncul pada tipe 1 akan cepat diketahui. Sedangkan pada tipe 2 gejalanya baru akan diketahui pada saat telah dinyatakan sebagai penderita diabetes.

Apa yang Anda Kenali Dari Penyakit Diabetes Melitus Tipe 1?

Dari segi pengobatan

Pada penyakit diabetes melitus tipe 1 tubuh penderita tidak dapat menghasilkan insulin. Maka dari itu dokter menyarankan kepada penderita diabetes tipe 1 untuk melakukan terapi insulin yang berupa suntikan maupun pompa insulin. Sedangkan pada diabetes tipe 2, penderita tidak perlu melakukan terapi insulin. Dikarenakan tubuh penderita diabetes tipe 2 tetap menghasilkan insulin. Dan dapat melakukan pengobatan dirumah dengan menjaga pola makan yang sehat dan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga secara rutin.

Dari segi penyebab

Ketidakmampuan sel beta menghasilkan insulin ini juga menjadi penyebab yang akan terjadi dari diabetes tipe 1. Dan juga terserangnya sel-sel dalam tubuh oleh antibodi atau sistem kekebalan tubuh. Pada diabetes tipe 2, sel beta tetap menghasilkan insulin. Hanya saja, sel tubuh penderita diabetes tipe 2 kurang sensitif terhadap insulin. Sehingga sel tubuh tersebut tidak mampu menggunakannya secara optimal. dan kondisi tersebut akan mengakibatkan gula darah naik.

Kenali informasi lain di http://rayasymanchas.com/

Meningkatnya kadar gula dalam tubuh adalah gejala yang ditimbulkan pada penderita diabetes melitus tipe 1 maupun tipe 2. Agar gejala-gejala tersebut tidak muncul, kita harus selalu menjaga pola makan yang sehat. Para penderita diabetes harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula yang sangat tinggi. Dan juga penderita diabetes harus selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga yang rutin. Agar penyakit diabetes tersebut jarang kambuh. Jika kita menjaga kadar gula didalam tubuh, maka akan berakibat fatal. Bahkan penyakit ini dapat merenggut nyawa seseorang.